Pengertian Struktur Sosial

Ilustrasi/Pengertian Struktur Sosial
Secara etimologis atau bahasa struktur sosial berasal dari kata struktur yang artinya susunan, serta kata sosial yang dalam konteks ini diartikan masyarakat. Sehingga struktur sosial dapat diartikan susunan dan jalinan unsur unsur pokok yang ada dalam masyarakat.


Menurut Kamus Sosiologi Soerjono Seokanto 1998:428 struktur sosial diartikan sebagai jalinan unsur unsur sosial yang pokok. Soerjono Soekanto menjelaskan lebih jauh dalam bukunya yang berjudul Pengantar Sosiologi 1987, bahwa struktur sosial adalah bangunan abstrak selaku masyarakat yang berisi susunan yang hierarki yang berisi kedudukan dan peran dari tingkatan yang tertinggi hingga tingkatan yang terendah. Dalam arti yang dinamis struktur sosial ini menyangkut jalinan di antara unsur unsur sosial dalam status status tersebut.

Sementara C.W. Drajad. BSW 1983:28 mengartikan struktur sosial sebagai susunan intern suatu masyarakat yag bersifat stabil yang berisi hierarki dari status status sosial beserta dengan peranannya yang dapat mendrong terlaksananya aktivitas sosial suatu masyarakat.

Berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan secara bahwa struktur sosial adalah susunan status status sosial yang hierarki beserta jalinan di antara status status itu sehingga mendorong dan mewujudkan aktivitas sosial dalam masyarakat.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian Struktur Sosial"