Pengertian Polusi

Ilustrasi/Polusi Air
Pengertian polusi menurut Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982 adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Sementara polutan diartikan sebagai zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran terhadap lingkungan baik.


Jenis jenis polusi adalah sebagai berikut:
  • Polusi Tanah: polusi tanah dapat berupa kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial, penggunaan pestisida, masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan, kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah, air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). 
  • Polusi Air: pengertian polusi air adalah ketika ada perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti zat detergen, zat limbah pabrik, dan lain sebagainya.
  • Polusi Udara: polusi udara dapat diakibatkan oleh karbon monoksida, oksida nitrogen, oksida sulfur, CFC, hidrokarbon, senyawa organik volatil, partikulat, radikal bebas. 
  • Kontaminasi Radioaktif: Ini dapat terjadi karena tenaga nuklir yang bocor atau limbah radio aktif
  • Polusi Foto
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian Polusi"