Jenis Jenis Seni

Ilustrasi / Jenis jenis seni
Pengertian seni menurut KBBI adalah kemampuan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi. Berikut adalah jenis jenis seni:

1. Seni rupa.
Seni rupa terdiri dari seni lukis, seni patung, seni ukir. Seni lukis sudah ada pada zaman prasejarah. Hal ini diketahui dari peninggalan-peninggalan nenek moyang manusia yang membuat gambar pada dindng-dinding gua untuk menceritakan bagian-bagian penting dari kehidupan mereka. Objek seni lukis berupa jiplakan tangan, kemudian berkembang mnejadi manusia, binatang, dan objek alam lain. Pada zaman klasik, seni lukis kebanyakan dimaksudkan untuk tujuan mistise serta propaganda. Pada zaman pertengahan kebanyakan lukisan berupa simbolisme, bukan realisme. Hal ini terjadi karena pada zaman pertengahan, sains dianggap sebagai sihir yang dapat menjauhkan manusia dari pengabdian kepada Tuhan. Kemudian pada zaman renaissance sains tidak lagi dianggap sihir. Pada zaman ini melahirkan beberapa tokoh seni lukis, seperti Leonardo da Vinci dengan lukisan Monalisa, michaelangelo, raphael, dan lain lain.


Sementara itu, seni patung telah ada sejak bang kuno. Di Yunani terdapat patung Dewa Zeus yang dipuja oleh masyarakat Yunani. Sementara di Indonesia juga terdapat patung patung agama Hindu seperti patung Siwa Mahadewa, patung Siwa sebagai Mahaguru, dan Siwa sebagai Mahkala serta patung patung Budha yang kita kenal sebagai Dhayani Budha yang sangat besar dan megah.

Seni ukir seagai seni jens seni rupa yang ketiga adalah hasil suatu gambaran yang dibuat oleh manusia pada suatu permukaan yang dikerjakan sedemikian rupa dengan alat-alat tertentu sehingga permukaan yang asal mulanya rata menjadi tidak rata.

2. Seni sastra.
Seni sastra terdiri dari puisi dan prosa. Istilah sastra sendiri memiliki arti tulisan. Secara lebih luas, sastra diartikan pembicaraan tentang berbagai tulisan yang indah bentuknya dan mulia isinya.

3. Seni pertunjukan.
Seni pertunjukan terdiri dari seni tari dan seni drama. Menurut Curt Sach dalam World History of The Dance, tari adalah gerak yang berirama. Menurut Corrie Hartong tari adalah gerak gerik badan yang diberi bentuk dan irama di dalam ruang. Sementara drama berarti seni untuk mengungkapkan pekerti manusia melalui perbuatan yang dipanggungkan.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Jenis Jenis Seni"