Takut Presntasi? Ini 5 Tips Presentasi Untuk Anda

Bagi sebagian orang, presentasi menjadi hal yang menakutkan. Entah itu presentasi materi pelajaran atau presentasi untuk menawarkan sebuah produk. Berikut tips untuk membuat presentasi Anda berjalan lebih baik dan efektif.

1. Kenali Audiens
Audiens/Ilustrasi
Mengenali audiens merupakan hal yang sangat penting ketika kita ingin melakukan presentasi. Karena dengan mengenali audiens, kita dapat menentukan cara kita dalam melakukan presentasi serta mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi selama kita melakukan presentasi.

2. Penampilaan (grooming)
Penampilan Saat Presentasi/Ilustrasi
Penampilan menjadi hal yang sangat penting ketika kita ingin melakukan presentasi. Karena penampilan menjadi hal pertama yang dillihat oleh audiens. Semakin kita pandai menyesuaikan penampilan dengan situasi dan kondisi presentasi, maka semakin besar rasa respect audiens kepada kita. Untuk itu, Anda harus memperhatikan penampilan Anda saat melakukan presentasi.

3. Kemampuan Komunikasi dan Penguasaan Bahasa Tubuh
Penguasaan Bahasa Tubuh/Ilustrasi
Kemampuan komunikasi dan penguasaan bahasa tubuh menjadi hal yang penting saat kita melakukan presentasi. Pasalnya, Kemampuan komunikasi dan penguasaan bahasa tubuh menentukan ketertarikan audiens kepada kita sebagai presentator. Jam terbang memang diperlukan untuk kedua hal ini.


4. Kuasai Materi dan Mafaatkan Tools Presentasi
Penguasaan Materi dan Pemanfaatan Tools Presntasi/Ilustrasi
Pengasaan materi menjadi inti dari kepercayaan diri kita. Karena sebaik apapun kemampuan kita dalam berkomunikasi, sepintar apapun bahasa tubuh kita. atau semenarik apapun penampilan kita, akan sangat sulit bagi kita untuk menyampaikan materi jika kita tidak menguasai materi dengan baik. Setelah menguasai materi presentasi, hendaknya Anda menyiapkan dan memanfaatkan tools presentasi dengan baik. Seperti slide presentasi, prototype, pointer, dan lain sebagainya.

5. Berdoa
Berdoa (Praying) /Ilustrasi
Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum melakukan presentasi. Karena semua yang terjadi adalah atas izin-Nya.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Takut Presntasi? Ini 5 Tips Presentasi Untuk Anda"