Cari Duit Tambahan, Mahasiswa Sering Lakukan 7 Hal ini

Ilustrasi
Semakin tahun, biaya pendidikan di perguruan tinggi semakin mahal. Estimasi inflasi pendidikan bahkan mencapai 12% sampai 15 %. Jika persiapan dana untuk pendidikan tidak dipersiapkan, impian untuk bisa kuliah sampai lulus pun bisa jadi terhenti. Keadaan tersebut lalu yang menjadikan mahasiswa terpaksa mencari uang tambahan. Lalu apa yang biasa dilakukan oleh mahasiswa/i untuk mencari uang tammbahan?


1. Berjualan
Berjual merupakan pekerjaan yang menjadi opsi pertama bagi mahasiswa untuk mencari uang tambahan. Mulai dari berjualan bunga, elektronik, makanan, baju, sepatu, sampai menjual desain. Produk tersebut bisa didapat dari orang lain alias jadi reseller, atau produksi sendiri. Untuk tempat berjualan kebanyakan dilakukan secara online, namun terkadang juga mereka berjualan ketika ada acara tertentu. Misal, ketika ada acara wisuda, pameran, sunmor, dan lain sebagainya.


2. Kerja Parttime di Rumah Makan
Kerja parttime di rumah makan menjadi pilihan menarik buat beberapa mahasiswa untuk mencari uang tambahan. Pasalnya, mereka bisa menambah relasi dengan dan melatih softskill mereka.

3. Blogging
Bagi mahasiswa yang gemar menulis dan otak atik script, blogging bisa menjadi opsi menarik. Karena, potensi keuntungan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk bekerja juga lebih fleksibel berbeda dengan menjadi seorang karyawan.

4. Nge-Vlog
Nge-vlog terbilang lebih sulit jika dibandingkan dengan blogging. Karenanya harus membuat materi yang apik, kemampun komunikasi yang baik, dan editing video yang menarik. Jika Anda memiliki ketiga kemampuan tersebut, cobalah meraih keuntungan dari nge-vlog, baik dollar maupun popularitas.

5. Video Live Streaming
Hampir mirip dengan nge-vlog, bedanya ini dilakukan secara live. Banyak aplikasi yan digunakan untuk Video Live Streaming. Salah satu yang popular adalah Bigo Live.

6. Ikut Lomba
Mahasiswa yang memiliki bakat tertentu, bisa menjadikan lomba dan ajang kompetisi sebagai salah satu sumber dana tambahan. Selain mampu menumbuhkan jiwa berkompetisi, mahasiswa yang seperti ini juga biasanya dikenal banyak dosen.

7. Jadi Guru Les
Jadi guru les terbilang sangat menantang. Selain harus kompeten di bidangnya, juga harus memiliki jiwa pendidik yang baik.

Itulah ketujuh hal yang biasa dilakukan oleh mahasiswa untuk mendapatkan uang tambahan.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cari Duit Tambahan, Mahasiswa Sering Lakukan 7 Hal ini"