Kegiatan Bank Umum

Kegiatan bank umum secara lengkap meliputi

1. menghimpun dana (funding)

kegiatan menghimpun dana dari masyarakat ini dilakukan melalui produk simpanan giro, tabungan, dan deposito.
simpanan giro merupakan simpanan bank yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan bilyet giro atau cek. kepada setiap pemegang giro akan diberikan bunga yang dikenal dengan nama jasa giro. besarnya jasa giro tergantung dari bank yang bersangkutan. rekening giro biasa digunakan oleh para usahawan, baik untuk perorangan maupun perusahaannya. bagi bank jasa giro merupakan dana murah karena bunga yang diberikan kepada nasabah lebih rendah dari bunga simpanan lainnya. 

simpanan tabungan merupakan simpanan pada bank yang penarikannya sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh bank. penarikan tabungan dilakukan menggunakan buku tabungan, slip, penarikan, kuitansi, atau kartu ATM. kepada pemegang rekening tabungan akan diberikan bunga tabungan yang merupakan jasa atas tabungannya. sama seperti halnya dengan rekening giro, besarnya bunga tabungan tergantung dari bank yang bersangkutan. dalam praktiknya bunga tabungan lebih besar dari jasa giro.

deposito merupakan simpanan yang memiliki jangka waktu tertentu (jatuh tempo). penarikannya pun dilakukan sesuai jangka waktu tersebut. namun saat ini sudah ada bank yang memberikan fasilitias deposito yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat. jenis deposito pun beragam sesuai dengan keinginan nasabah. dalam praktiknya jenis deposito terdiri dari deposito berjangka, sertifikat deposito, dan deposit on call.

2. menyalurkan dana (lending)

penyaluran dana tersebut dapat berupa:
  • kredit investasi
yaitu kredit yang diberikan kepada pengusaha yang melakukan investasi atau penanaman modal. biasanya kredit jenis ini memiliki jangka waktu yang relatif panjang yaitu diatas satu tahun. contoh jenis kredit ini adalah kredit untuk membangun pabrik atau membeli peralatan pabrik seperti mesin mesin.
  • kredit modal kerja
merupakan kredit yang digunakan sebagai modal usaha. biasanya kredit jenis ini berjangka waktu pendek, yaitu tidak lebihd ari satu tahun. contoh kredit ini adalah untuk membeli bahan baku, membayar gaji karyawan, dan modal kerja lainnya.
  • kredit perdagangan
merupakan kredit yang diberikan kepada para pedagang dalam rangka memperlancar atau memperluas atau memperbesar perdagangannya. contoh jenis kredit ini adalah kredit untuk membeli barang dagangan yang diberikan kepada suplier.
  • kredit produktif
merupakan kredit yang dapat berupa investasi, modal kerja atau perdagangan. dalam arti kredit ini diberikan untuk diusahakan kembali sehingga pengembalian kredit diharapkan dari hasil usaha yang dibiayai.
  • kredit konsumtif
merupakan kredit yang digunakan untuk keperluan pribadi misalnya keperluan konsumsi, baik pangan, sandang maupun papan. contoh jenis kredit ini adalah kredit perumahan, kredit kendaraan bermotor yang kesemuanya untuk dipakai sendiri.
  • kredit profesi
merupakan kredit yang diberikan kepada para kalangan profesional seperti dosen, dokter, atau pengacara.

3. memberikan jasa jasa bank lainnya (services)

dalam praktiknya jasa jasa yang ditawarkan meliputi:
  • kiriman uang
merupakan jasa pengiriman uang lewat bank. pengiriman uang dapat dilakukan pada bank yang sama atau bank yang berlainan. pengiriman uang juga dapat dilakukan dengan tujuan kota, luar kota, atau luar negeri. khusus untuk pengiriman uang luar negeri melalui bank devisa. kepada nasabah pengirim dikenakan biaya kirim yang besarnya tergantung dari bank yang bersangkutan. pertimbangannya adalah nasabah yang bersangkutan memeiliki rekening di bank bersangkutan atau bukan. kemudian juga jarak pengiriman antarbank tersebut.
  • kliring (clearing)
merupakat penagihan warkat (surat surat bergharga seperti cek, bilyet gioro) yang berasal dari dalam kota. proses penagihan lwat kliring biasanya memakan waktu satu hari. besarnya biaya penagihan tergantung dari bank yang bersangkutan.
  • inkaso (collection)
merupakan penagihan warkat (surat surat berharga) yang berasal dari luar kota atau luar negeri. proses penagihan lewat inkaso tergantung dari jarak lokasi penagihan dan biasanya memakan waktu satu minggu sampai satu bulan. besarnya biaya penagihan tergantung dari bank yang bersangkutan dengan pertimbangan jarak serta pertimbangan lainnya.
  • Safe Deposit Box
safe deposit box atau dikenal dengan istilah safe loket merupakan layanan penyewaan box atau kotak pengaman tempat menyimpan surat surat berharga atau barnag barang berharga milik nasabah. biasanya surat surat atau barang barang berharga yang disimpan di dalam box tersebut aman dari kebakaran dan pencurian. kepada nasabah penyewa box dikenakan biaya sewa yang besarnya tergantung dari ukuran box serta jangka waktu penyewaan.
  • Kartu Plastik (Bank Card)
kartu ini dapat dibelanjakan di berbagai tempat perbelanjaan atau tempat tempat hiburan. kartu ini juga dapat digunakan untuk megambil uang tunai di ATM yang tersebar di berbagai tempat strategis. kepada pemegang kartu kredit ini dikenakan iuran tahunan yang besarnya tergantung dari bank yang mengeluarkan. setiap pembelanjaan memiliki tenggang waktu pembayaran atau dikenakan bunga dari jumlah uang yang telah dibelanjakan jika melewati tenggang waktu yang telah ditetapkan.
  • Bank Notes
merupakan jasa penukaran valuta asing. dalam jual beli bank notes, bank menggunakan kurs (nilai tukar rupiah dengan mata uang asing)
  • Bank Garansi
merupakan jaminan bank yang diberikan kepada nasabah dalam rangka membiayai suatu usaha . dengan jaminan bank ini si pengusaha memperoleh fasilitas untuk melaksanakan kegiatannya dnegan pihka lain. tentu sebelum jaminan bank dikeluarkan bank terlebih dahulu mempelelajari kredibilitas nasabahnya.
  • Bank Draft
merupakan wesel yang dikeluarkan oleh bank kepada para nasabahnya. wesel ini dapat diperjualbelikan apabila nasabhanya membutuhkannya.
  • Letter of Credit
merupakan surat kredit yang diberikan kepada para eksportir dan importir yang digunakan untuk melakukan pembayaran atas transaksi ekspor impor yang mereka lakukan. dalam transaksi ini terdapat berbagai macam jenis L/C, sehingga nasabah dapat meminta sesuai dengan kondisi yang diinginkannya.
  • Cek Wisata (Travellers Cheque)
merupakan cek perjalanan yang biasa digunakan oleh turis atau wisatawan. cek wisata dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran di berbagai tempat pembelanjaan atau hiburan seperti hotel, supermarket. cek wisata juga bisa digunakan sebagai hadiah kepada para relasinya.
  • menerima setoran setoran
dalam hal ini bank membantu nasabahnya dalam rangka menampung setoran dari berbagai tempat, antara lain:pembayaran pajak, telepon, air, listrik, uang kuliah.
  • melayani pembayaran
sama halnya seperti dalam hal menerima setoran, bank juga melakukan pembayaran seperti yang diperintahkan oleh nasabahnya, antara lain: membayar gaji, pensiun,honorarium, pembayaran deviden, kupon, bonus/hadiah.
  • bermain dalam pasar modal
kegiatan bank dapat memberikan atau bermain surat surat berharga di pasar modal. bank dapat berperan dalam berbagai kegiatan seperti menjadi: penjamin emisi (underwriter), penjamin (guarantor), wali amanat (trustee), perantara perdagangan efek (pialang/broker), perdagangan efek (dealer), perusahaan pengelola dana (investment company), dan jasa jasa lainnya.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kegiatan Bank Umum"