Hubungan Ekonomi dan Bisnis

Ilustrasi

PRODUK DOMESTIC BRUTO DAN PRODUK NASIONAL BRUTO
Produk domestic bruto (PDB) adalah total produk yang dihasilkan oleh semua pihak yang berada dalam wialayah nasional suatu Negara, baik sebagai warga Negara atau bukan. Sedangkan Produk Nasional Bruto (PNB) adalah total produk yang dihasilakan oleh penduduk suatu Negara, baik yang berdomisili di dalam negeri maupun luar negeri.


Pertumbuhan PNB (dan atau PDB), atau sering disebut dengan pertumbuhan ekonomi, memiliki pengaruh yang kuat terhadap dunia bisnis. Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi akan meningkatkan pendapatan masyarakat. Selanjutnya, pendapatan masyarakat yang meningkat akan mendorong daya belinya. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi yang tinggi akan meningkatkan peluang bisnis, meningkatkan penjualan, dan profit perusahaan. Sebliknya jika PNB rendah maka akan berdampak negative terhadap dunia bisnis.

TINGKAT PENGANGGURAN
Tingkat pengangguran merupakan fenomena ngara-negara dalam menjalankan pembangunan di segala bidang. Bisnis hanya merupakan salah satu cara dalam memecahkan persoalan dalam menjawab persoalan pengangguran, dunia kerja, dan lapangan pekerjaan. Untuk menghindari tingkat pengangguran yang sanat tinggi maka bisnis harus mampu menyesuaikan masalah-masalah yang terkait dengan daya beli masyarakat dan efisiensi bisnis, karena pengangguran merupakan disalokasi ekonomis yang merugikan masyarakat terutama bisnis.

Pertumbuhan ekonomi berkaitan erat dengan tingkat pengangguran. Dalam masa-masa resesi atau kesulitan ekonomi, tingkat pengangguran akan tinggi. Walaupun terdapat macam-macam jenis pengangguran, pada umumnya tingkat pengangguran yang tinggi akan berdampak negatif bagi dunia bisnis. Tingkat pengangguran yang tinggi akan meningkatkan ketergantungan, yaitu jumlah orang yang tidak berpenghasilan yang menggantungkan hidupnya pada orang yang berpenghasilan. Semakin tinggi tingkat pengangguran berarti semakin sedikit orang yang berpenghasilan. Hal ini menyebabkan daya beli masyarakat terhadap berbagai produk perusahaan menurun. Tingkat pengangguran dapat diatasi melalui program-program yang terpadu antara pendidikan dan menumbuhkan iklim bisnis (pendekatan kultural).

INFLASI
Inflasi adalah kecenderungan umum akan kenaikan harga-harga produk. Harga-harga produk dan perubahannya menggambarkan indeks harga konsumen. Semakin cepat harga meningkat, semkin tinggi harga konsumen. Semakin tinggi harga konsumen. Semakin tinggi indeks harga konsumen, semakin tinggi tingkat inflasi. Semakin tinggi tingkat inflasi, semakin menurun daya beli masyarakat. Dengan demikian, tingkat inflasi yang tinggi memiliki dampak negatif terhadap dunia bisnis.

Kismono, Gugup. 2001. Bisnis Pengantar. YogyakartaBPFE-Yogyakarta.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Hubungan Ekonomi dan Bisnis"