Mengenal Berbagai Jurusan di Perguruan Tinggi


Ilustrasi / Mengenal Berbagai Jurusan di Universitas
Banyak mahasiswa merasa kecewa setelah mereka mengikuti kuliah di jurusan yang mereka pilih. Sebagian dari mahasiswa itu akhirnya mencoba lagi mengikuti SNMPTN. Kekecewaan itu muncul tentunya karena kurangnya informasi yang mereka peroleh selama duduk di bangku SMA. Kurangnya informasi itu mengakibatkan kerugian bukan hanya kepada diri mereka sendiri tetapi juga orang tua mereka dan bahkan kepada peserta lain. Untuk mengatasi masalah di atas. Untuk itulah dalam postingan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa jurusan.

Jurusan yang ada di perguruan tinggi negeri dibagi dalam 7 bidang keilmuan, yaitu; ilmu sains, ilmu kesehatan, ilmu teknologi, ilmu pertanian, ilmu sosial, ilmu sastra dan budaya, dan ilmu filsafat.

Jurusan Manajemen
Jurusan Manajemen mempelajari bagaimana pengelolaan suatu perusahaan. Jurusan ini umumnya memiliki beberapa konsentrasi seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia dan organisasi, dan manajemen operasi. Lulusan Manajemen umumnya bekerja di lebaga-lembaga pemerintahan atau swasta sebagai konsultan marketing atau konsultan manajemen suatu perusahaan.

Jurusan Akuntansi
Jurusan akuntansi mempelajari tentang tata cara pencatatan laporan keuangan, termasuk dalam memeriksa atau memberi penilaian atas informasi keuangan suatu perusahaan. Lulusan akuntansi umumnya bekerja di sektor perbankan, perusahaan-perusahaan nasional dan swasta, atau di pemerintahan pusat maupun daerah.

Jurusan Ilmu Ekonomi
Jurusan ilmu ekonomi mempelajari tentang bagaimana mengelola uang negara, menganalisa masalah-masalah moneter, perindustrian, hubungan keuangan pusat dan daerah, serta keuangan internasional.Lulusan Ilmu Ekonomi umumnya bekerja di lemba-lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah, BAPPENAS, lembaga-lembaga keuangan nasional dan internasional, serta perusahaan perusahaan yang memerlukan tenaga ahli ekonomi.

Jurusan Teknik Sipil
Jurusan teknik sipil merupakan disiplin ilmu yang mengaplikasikan teknik ke dalam komunitas sipil. Jurusan teknik sipil mengaplikasikan prinsip-prinsip teknik untuk memenuhi kebutuhan dasar komunitas dalam hal perumahan, transportasi, sanitasi, dan kebutuhan lain dalam komunitas modern. Jurusan teknik sipil berhubungan dengan perancangan, konstruksi dan pemeliharaan bangunan fisik dan lingkungan di dalamnya adalah jalan, jembatan, kanal. bendungan, dan bangunan. Lulusan teknik sipil umumnya menjadi seorang perencana, perancang, konstruktor, dan manajer dari berbagai pekerjaan teknik sipil.

Jurusan Teknik Lingkungan
Jurusan teknik lingkungan mempelajari tentang perencanaan, perancangan (sistem, bangunan, struktur), pelaksanaan dan pengelolaan di bidang-bidang penyediaan air minum, penanganan limbah cair, limbah padat, drainase, sanitasi lingkungan, sumber daya air, pencemaran udara, pencegahan pencemaran, dan melakukan analisis dampak lingkungan.

Jurusan Teknik Industri
Jurusan teknik industri disiapkan untuk memenuhi kebutuhan industri nasional akan sarjana rekayasa industri yang memiliki kemampuan untuk merancang, meningkatkan, mengoperasikan, dan memelihara sebuah sistem manufaktur dan jasa yang terintegrasi dan multi tingkatan dalam rangka peningkatan produktifitas dan kualitas dari sistem melalui roses pemecahan masalah yang terstruktur.
Lulusan teknik industri tersebar di berbagai industri jasa dan industri manufaktur, pemerintahan maupun swasta.

ILMU SAINS
Ilmu ilmu sains pada umumnya bertujuan untuk menghasilkan peneliti. Jurusan-jurusan yang ada di ilmu-ilmu sains ini bernaung dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Jurusan-jurusan yang ada pada FMIPA adalah jurusan matematika, statistika, fisika, geofisika, elektronika dan instrumensi, kimia, farmasi, bilogi, astronomi, dan geografi.

Matematika
Di jurusan Matematika, yang dipelajari tentu bukan hanya matematika (hitungan), tetapi hal-hal yang berkaitan dengan matematika. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Matematika tentu sudah jelas, yaitu pelajaran matematika. Sarjana matematika banyak yang bekerja di LIPI, BATAN, LAPAN, PT.DI, BPPT, sebagai akutaria di ASURANSI BUMIPUTRA, JIWASRAYA, REASURANSI, sebagai analist atau programer komputer di perusahaan asing atau perusahaan swasta nasional, dan sebagai dosen di Perguruan Tinggi. Yang berminat dapat mendaftar di UNSYIAH, UNRI, UNSRI, UI, ITB, UNPAD, UNDIP, UNS, UGM, ITS, UNAIR, UNIBRAW, UNHAS, UNIMED, UNP, UNAND UIN-SUSKA, UNJ, UNIB, UNJA, UNILA, UINJKT, IPB, UPI, UINSGD, UNTIRTA,UNSOED, UNNES, UNS, UNY, UINSUKA, UNTAN, UPR, UNLAM, UNMUL, UNESA, ITS IAIN SUNAN AMPEL, UM, UIN-MALANG, UNEJ, UNUD, UNDIKSHA, UNRAM, UNDANA, UNM, UIN-ALAUDIN, UNTAD, UNAHLU, UNIMA, UNSRAT, UNPATI, UNCEN, UNIPA, UNG, UNKHAIR.

Fisika
Jurusan fisika mempelajari hal hal yang berkaitan dengan gaya, partikel, optik, atom, dan lain-lain. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan fisika adalah pelajaran fisika dan matematika. Sarjana fisika dapat bekerja sebagai peneliti di LIPI, BATAN, LAPAN, PT.DI, BPPT, LEN, sebagai analis atau programer komputer di perusahaan asing atau swasta, dan sebagi dosen di perguruan tinggi. Yang berminat dapat mendaftar di UNSYIAH, USU, UNRI, UNSRI, UI, ITB, UNPAD, UNDIP , UGM, ITS, UNAIR, UNIBRAW, UNUD, UNHAS, UNIMED, UNP, UNAND, UIN-SUSKA, UNJA, UNIB, UNILA, UNJ, UINJKT, IPB, UINSGD, UNSOED, UNNES, UNS, UNY, UNTAN, UPR, UPR, UNLAM, UNMUL, UNESA, ITS, UM, UM, UIN-MALANG, UNEJ, UNUD, UNDIKSHA, UNRAM, UNDANA, UNIMA, UNSRAT, UNPATI, UNCEN, UNCEN, UNIPA, UNG, UNKHAIR.

Statistika
Statistika merupakan sekumpulan metode untuk membuat keputusan ilmiah dalam situasi yang tak pasti. Jurusan statistika ini merupakan pengkhususan atau bagian dari jurusan matematika sehingga pelajaran SMA yang mendasari jurusan statistika adalah pelajaran matematika. Sarjana statistika dapat bekerja sebagai peneliti di Biro Pusat Statistik (BPS), LIPI, BPPT, sebagai analis atau programer komputer di perusahaan-perusahaan, dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi. Yang berminat dapat mendaftar di IPB, UNPAD, UGM, ITS, UNDIP, UNMUL, UNHAS.

Geofisika
Geofisika merupakan bagian (pengkhususan) dari disiplin ilmu fisika yang menekankan pada pemahaman secara mendalam tentang kondisi fisik bumi. Pelajaran di SMA yang mendasari Geofisika adalah fisika dan matematika. Sarjana geofisika dapat bekerja sebagai peneliti di Direktorat Vulkanologi, ELNUSA, Caltex, sebagai surveyer di perusahaan minyak seperti Mobil Oil, Union Oil, dan dapt juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi. Yang berminat dapat mendaftar di UGM, ITB, UNILA, UNHAS.

Elektronika dan Instrumensasi
Elektronika dan instrumensasi merupakan bagian atau pengkhususan dari disiplin ilmu fisika yang menekankan pada pemahaman tentang magnet, listrik, termodinamika, dan gelombang. Plelajaran di SMA yang mendasari jurusan elektronika dan instrumensasi adalah pelajaran fisika dan matematika. Sarjana elektronika dan instrumensasi dapat bekerja sebagai peneliti di LIPI, LAPAN, BPPT, PT.DI, PT. TELKOM, INDOSAT, ELNUSA, sebagai perancang software atau hardware komputer di  IBM, ASTRA, dan juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi. Yang berminat dapat mendaftar di UGM.

Kimia
Jurusan kimia mempelajari berbagai hal tentang sifat dan perubahan susunan zat. Di sisni Anda juga dituntut tekun melakukan percobaan di laboratorium. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan imia adalah kimia. Sarjana kimia dapat bekerja sebagai peneliti dan pengembangan di LIPI, BATAN, BPPT, sebagai quality control di industri kimia, industri plastik, industri makanan, industri pertanian, industri perminyakan, dan sebagai dosen di Perguruan Tinggi. Yang berminat dapar bekerja di UNSYIAH, USU, UNRI, UNSRI, UI, ITB, UNPAD, UNDIP, UNS, UGM, ITS, UNAIR, UNIBRAW, UNHAS, UNIMED, UNP, UNAND UIN-SUSKA, UNJ, UNIB, UNJA, UNILA, UINJKT, IPB, UPI, UINSGD ,UNSOED, UNNES, UNS, UNY, UINSUKA, UNTAN, UPR, UNLAM, UNMUL, UNESA, ITS , UM, UIN-MALANG, UNEJ, UNUD, UNDIKSHA, UNRAM, UNDANA, UNM, UIN-ALAUDIN, UNTAD, UNAHLU, UNIMA, UNSRAT, UNPATI, UNCEN, UNIPA, UNG, UNKHAIR.

Biologi
Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup. Di jurusan biologi lebih menekankan pada masalah masalah bianatang dan tumbuhan, sedangkan masalah-masalah manusia dipelajari secara mendalam di jurusan kedokteran. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan biologi adalah pelajaran biologi. Sarjana biologi dapat bekerja sebagai peneliti di LIPI, Lembaga Biologi Nasional (LBN), biologi tropis (Biotrop), Departemen Kesehatan, Pertamina, dan sebagai analis di industri pertanian, industri farmasi, industri peternakan, industri kehutanan, dan sebagai dosen di Perguruan Tinggi. Yang berminat dapat mendaftar di UNSYIAH, USU, UNRI, UNSRI, UI, ITB, UNPAD, UNDIP, UNS,  ITS, UNAIR, UNIBRAW, UNHAS, UNIMED, UNP, UNAND, UIN-SUSKA, UNJ, UNIB, UNJA, UNILA, UINJKT, IPB, UPI, UINSGD, UNSOED, UNNES, UNS, UNY, UINSUKA, UNTAN, UPR, UNLAM, UNMUL, UNESA, ITS, UM, UIN-MALANG, UNEJ, UNUD, UNDIKSHA, UNRAM, UNDANA, UNM, UIN-ALAUDIN, UNTAD, UNAHLU, UNIMA, UNSRAT, UNPATI, UNCEN, UNIPA, UNG, UNKHAIR.

Farmasi
Farmasi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bahan-bahan obat, pembuatan, pengolahan, peracikan, pengubahan bentuk, pencampuran, dan penyimpanan obat. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan farmasi adalah pelajaran kimia dan biologi. Sarjana farmasi dapat bekerja sebgai peneliti di industri farmasi, industri kosmetika, rumah sakit, KEMKES, sebagai apoteker di apotek-apotek dan di tumah sakit, dan sebagai dosen di Perguruan Tinggi. Yang berminat dapat mendaftar di USU, UNAND, UI, ITB, UNPAD, UGM, UNAIR, UNHAS, UINJKT, UNSOED, UNTAN, UNLAM, UNUD, UIN-ALAUDIN.

Astronomi
Astronomi adalah cabang ilmu pengetahuan yang menyelidiki benda-benda dan isinya dalam jagad raya. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan astronomi adalah pelajaran fisika dan matematika. Sarjana astronomi dapat bekerja sebagai peneliti di LAPAN, Angkatan Laut, Angkatan Udara, BPPT, Planetarium, Obserrvatorium, Bosscha ITB, Kementrian Perhubungan, dan sebagai dosen di Perguruan Tinggi. Yang berminat dapat mendaftar di ITB.

Geografi
Geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang aneka peristiwa, terutama yang mengangkut populasi dan tingkah laku kekayaan bumi, baik karena peristiwa alam maupun dalam rangka interaksi sosial. Pelajaran si SMA yang mendasari jurusan geografi adalah pelajaran geografi. Sarjana geografi dapat bekerja sebagai peneliti di LIPI, LAPAN, Dinas Pekerjaan Umum, Pemerintah daerah, Dinas Pendapatan Daerah, Badaan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, sebagai surveyer di berbagai Biro Konsultan, Kementrian Kehutanan dan Transmigrasi, Agraria, Kependudukan, dan sebagai dosen di perguruan tinggi. Yang berminat dapat mendaftar di UINSYIAH, UNIMED, UNP, UNILA, UNJ, UPI, UNNES, UNS, UNY, UNESA, UNDIKSHA, UNIVERSITAS NUSA CENDANA UNM, UNIMA, UNPATI, UNCEN.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Mengenal Berbagai Jurusan di Perguruan Tinggi"